Friday, 25 July 2014

Mengenal Perubahan Kimia

Fisika SMP Kelas 7 : Mengenal Perubahan Kimia

Perubahan kimia adalah perubahan pada zat yang menghasilkan zat jenis baru. Pernahkah kamu membakar kertas? Apa yang dapat kamu lihat setelah kertas tersebut habis terbakar? Terdapat abu yang diperoleh akibat proses pembakaran. Kertas sebelum dibakar memiliki sifat yang berbeda dengan kertas sesudah dibakar. Contoh perubahan kimia, antara lain: nasi membusuk, susu yang basi, sayur menjadi basi, telur membusuk, telur asin, besi berkarat, dan lain-lain.

Terdapat beberapa ciri-ciri perubahan kimia suatu zat, yaitu: terbentuk zat jenis baru, zat yang berubah tidak dapat kembali ke bentuk semula, diikuti oleh perubahan sifat kimia melalui reaksi kimia. Selama terjadi perubahan kimia, massa zat sebelum reaksi sama dengan massa zat sesudah reaksi.

Perubahan kimia adalah perubahan zat yang menghasilkan zat baru dengan sifat-sifat baru, disebut juga dengan reaksi kimia.  Zat yang berubah tidak dapat kembali ke keadaan semula (irreversible).

Es yang berubah menjadi air saat dipanaskan termasuk perubahan fisika karena dapat kembali ke wujud semula, sedangkan kayu yang dibakar berubah menjadi arang termasuk perubahan kimia, karena kayu yang telah berubah menjadi arang tidak akan kembali ke wujud semula (kayu).

Seperti halnya perubahan fisika, perubahan kimia juga dapat kita amati di alam dan lingkungan sekitar kita. Berdasarkan faktor penyebabnya perubahan kimia dapat dibedakan menjadi lima kelompok, yaitu :

  1. Proses pembakaran, contohnya kayu yang dibakar, bom meledak dan lilin yang dibakar.
  2. Proses peragian, contohnya perubahan susu menjadi keju, singkong menjadi tape dan kedelai menjadi tempe.
  3. Proses kerusakan, contohnya pelapukan kayu, pembusukan sampah dan perkaratan besi.
  4. Proses biologis mahluk hidup, contohnya proses fotosintesis, proses pencernaan makanan dan proses pernafasan.
  5. Proses pertumbuhan dan  perkembangan mahluk hidup, contohnya tumbuhnya seorang bayi menjadi dewasa.

Mengenal Perubahan KimiaMengenal Perubahan Kimia

Ciri-ciri yang mengindikasikan adanya perubahan kimia adalah adanya perubahan warna, perubahan bau, pembentukan gas, timbulnya cahaya, pembentukan endapan baru,  dan perubahan pH.

Kata Kunci :

contoh perubahan kimia,perubahan kimia adalah,perubahan kimia dan contohnya,perubahan fisika dan kimia kelas 7,yhs-default,perubahan kimia dan fisika,kertas dibakar menghasilkan,contoh perubahan kimia dan penjelasannya,perubahan-perubahan akibat kerusakan kimiawi,rumus kimia kertas

Related Posts to "Mengenal Perubahan Kimia"

Response on "Mengenal Perubahan Kimia"

Muhammad Risalon Google+
Jasa Like Fanpage Facebook Murah