Wednesday, 20 August 2014

Mengukur Gaya

Fisika SMP Kelas 8 : Mengukur Gaya

Pada pembahasan kali ini kita akan memngbahas tentang Mengukur Gayapembahasan sebelumnya untuk materi Gaya adalah Pengertian Gaya dan Jenis-Jenis Gaya. Sebelum melangkah ke pembahasan Mengukur gaya Anda sebaiknya sudah memahami dengan baik Pengertian Gaya dan Jenis-jenis Gaya.

Ketika kamu memberikan tarikan atau dorongan pada sebuah benda, tentu kamu tidak tahu seberapa besar tarikan atau dorongan yang kamu berikan. Untuk dapat mengetahui besar gaya yang kamu berikan, diperlukan suatu alat ukur. Alat ukur gaya yang paling sederhana dan dapat mengukur secara langsung adalah neraca pegas (dinamometer). Terdapat berbagai jenis dan skala dinamometer di laboratorium seperti terlihat pada berikut :

Mengukur Gaya

Jenis-jenis dinamometer untuk skala (a) 0,2 N, (b) 1 N, (c) 2 N, (d) 5 N, (e) 10 N (f) 20 N, dan (g) 100 N.

Bagaimanakah cara menggunakan dinamometer? Untuk lebih memahaminya, lakukan kegiatan Ayo Coba 9.3 berikut.

Mengukur Gaya

Tujuan
Mengetahui cara membaca dinamometer
Alat dan bahan
Dinamometer dengan batas ukur 1 N, 5 N, dan 10 N, balok yang permukaannya kasar, beban dengan massa 20 g, 50 g, dan 100 g, serta balok.
Cara kerja

  1. Siapkan alat dan bahan.
  2. Letakkan balok di atas meja, lalu tariklah balok tersebut dengan neraca pegas 1 N, seperti Gambar di bawah ini (a). Amati skala neraca pegas dan catat skala hasil pengukurannya ketika balok tepat akan bergerak.
  3. Gantungkan secara bergantian beban 20 g, 50 g, dan 100 g dengan neraca pegas yang berbeda, seperti pada Gambar di bawah ini (b). Catat setiap hasil pengukurannya.
  4. Ukurlah benda-benda yang lainnya sehingga kamu memahami cara mengukur gaya dengan dinamometer.

Mengukur besar gaya dengan menggunakan neraca pegas

 

Mengukur besar gaya dengan menggunakan neraca pegas

Pertanyaan

  1. Gaya apa sajakah yang terlibat pada kegiatan tersebut?
  2. Sebuah benda diukur dengan neraca pegas menunjukkan 2 N, berapakah hasil skala jika 10 buah benda yang sama jika digantungkan pada neraca pegas?
  3. Bagaimanakah sikapmu ketika melihat seseorang yang sedang mengukur berat beras di pasar salah atau tidak benar?

Kata Kunci :

cara memakai dinamometer,cara menggunakan dinamometer,bagaimana sikap mu ketika melihat seseorang yang sedang mengukur berat beras di pasar salah atau benar?,Soal dan pembahasan fisika neraca pegas,rumus neraca pegas,neraca pegas dan balok,macam gambar neraca dan batas ukur,Langkah-langkah mengukur menggunakan neraca pegas,cara ngukur dinamo meter,cara mengukur dg neraca pegas

Related Posts to "Mengukur Gaya"

Response on "Mengukur Gaya"

Muhammad Risalon Google+
Jasa Like Fanpage Facebook Murah